Pages

Selasa, 27 Desember 2011

Bekerja Keras dan Bekerja Cerdik

Penulis : Eko Yulianto ( http://motivasi.petamalang.com/bekerja-keras-dan-bekerja-cerdik )

Dalam kehidupan bisnis, kita diharuskan bekerja keras untuk mencapai tujuan. Tapi bekerja keras saja tidaklah cukup untuk memperoleh kesuksesan. Bahkan terkadang, hanya dengan mengandalkan bekerja keras saja tanpa menambahnya dengan faktor pendukung yaitu kecerdikan malah akan menimbulkan kegagalan. Kecerdikan yang saya maksud di sini adalah bagaimana dengan tenaga dan biaya yang seminim mungkin tetapi hasil yang didapatkan bisa maksimal. Tidak hanya mengandalkan otot saja tetapi pemikiran yang praktis sangat diperlukan untuk melakukan cara ini.

Saya pernah mendengar cerita dari seorang pengusaha keturunan Cina tentang kisah bekerja cerdik ini. Dia mengungkapkan, saat itu mempunyai produk sebuah lampu berbentuk stik kecil. Dia bertekad harus bisa menjual ribuan produknya tersebut dalam waktu yang sangat singkat dan biaya yang sangat murah. Karena produknya berbentuk lampu menyala dan berukuran kecil serta hanya bisa bertahan dalam beberapa hari saja, dia berkesimpulan produk tersebut akan laku keras jika dijual di acara konser-konser musik atau acara yang dilakukan pada malam hari.

Dengan biaya yang sangat murah dan keuntungan yang tidak besar dalam setiap kali penjualan tidak mungkin dia harus menyewa tempat untuk menjajakan barang dagangannya di area konser. Bisa-bisa biayanya akan impas atau bahkan rugi jika harus menyewa stan. Akhirnya dia memperoleh ide memanfaatkan para pedagang asongan dan anak jalanan untuk menjualkan produknya dengan sistem pemberian komisi prosentase dari setiap produk yang berhasil dijual.

Keuntungan pertama, para penjualnya yaitu pedagang asongan dan anak jalanan tadi tidak perlu membayar tiket saat masuk di area konser. Secara otomatis biaya operasional untuk bisa masuk dan berbaur dengan pengunjung konser adalah nol. Keuntungan kedua, dia tidak usah membayar orang sebagai tenaga pemasaran dan dirinya tidak perlu bersusah-susah menjual sendiri produknya. Akhirnya, hanya dalam waktu beberapa jam saja dia berhasil menjual ribuan produknya dengan biaya operasional yang sangat minim. Semoga kisah ini bermanfaat.

Sukses untuk anda…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar